SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
MATAKULIAH KALKULUS I
OLEH
1.
MUAZRI
(20102512032)
2.
JURNAIDI (20102512020)
MATA KULIAH : PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
DOSEN : 1. DR. DARMAWIJOYO,
M.Si
2.
BUDI MULYONO, S.
Pd , M.Sc
PROGRAM
STUDI MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA
PROGRAM
PASCASARJANA UNIVERSITAS SRIWIJAYA
TAHUN
2011
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
a.
Mata kuliah : Kalkulus I
b.
Kode mata kuliah :
c.
Jumlah kredit : 3 sks
d.
Pertemuan ke : 1
e.
Tempat/Waktu : Ruang 06
/ 08.00
– 10.30 WIB
B. Tujuan Intruksional Umum
: Mahasiswa dapat mendeskripsikan system
bilangan riil.
C.
Tujuan
intruksional khusus :
Mahasiswa pendidikan matematika dapat menggunakan hukum-hukum dalam system
bilangan riil dalam menyelesaikan opersai perhitungan.
D. Materi pembelajaran
:
a.
Pokok : Sistem Bilangan Riil
b.
Subpokok bahasan : Hukum-hukum dalam system
bilangan riil
c.
Uraian materi :
·
Bilangan riil adalah sekumpulan bilangan
(rasional dan tak rasional) yang dapat mengukur panjang bersama-sama dengan
negatifnya dan nol.
·
Hukum-hukum dalam system bilangan riil
o
Hokum komutatif x+y=y+x
dan xy = yx
o
Hukum assosiatif x + (y
+ z) = (x + y) + z
o
Hokum distributiv x ( y +
z) = xy + xz
o
Elemen-elemen identitas. Terdapat dua
bilangan riil yang berlainan 0 dan 1. Yang memenuhi x + 0 =
x dan x . 1 = x
o
Balikan (invers). –x
, yang memenuhi x + (-x) = 0 dan juga
balikan perkalian, x-1,
yag memnuhi x . x-1 = 1
E. Kegiatan Pembelajaran
:
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali jenis-jenis bilangan yang terdapat dalam bilangan riil sebagai
bahan apersepsi
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen menjelaskan sifat-sifat yang
terdapat dalam system bilangan riil
-
Dosen memberikan beberapa contoh dalam
penggunaan sifat-sifat dalam operasi perhitungan
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesame mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa
utnukmenjelaskan hasil diskusinya.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
F. Media pembelajaran :
Buku pegangan
G.
Evaluasi : Mahasiswa
diberikan tugas mengerjakan soal-soal essay yang terdapat dalam buku pegangan
H.
Sumber
Buku
: Purcell. E.J dan
Verbarg, D. 1990. Kalkulus dan Geometri Analitik Jilid 1 Edisi kelima.
Terjemahan. Jakarta : Erlanga.
Palembang, Oktober 2011
Mengetahui ,
Dosen,
......................................................
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
A.
Identitas
Mata Kuliah
a.
Mata kuliah : Kalkulus I
b.
Kode mata kuliah :
c.
Jumlah kredit : 3
sks
d.
Pertemuan ke : 2 dan 3
e.
Tempat/Waktu : Ruang 06 / 08.00
– 10.30 WIB
B.
Tujuan
Intruksional Umum :
Mahasiswa dapat menggunakan sifat dan
teorema tentang ketidaksamaan dan nilai
mutlak bilangan riil
C. Tujuan intruksional khusus :
a.
Mahasiswa pendidikan matematika dapat menyatakan
himpunan penyelesaian ketaksamaan dengan cara penulisan himpunan, selang, and
grafik
b.
Mahasiswa pendidikan matematika dapat menyelesaikan
suatu pertidaksamaan yang menyangkut nilai mutlak dengan menggunakan
sifat-sifat nilai mutlak.
D. Materi pembelajaran
:
a.
Pokok : Sistem Bilangan Riil
b.
Subpokok bahasan : ketaksamaan dan nilai
mutlak
c.
Uraian materi :
i.
Pertemuan kedua
·
Ketaksamaan
Adalah kalimat tertulis
yang dihubungkan oleh tanda <, > , ≤, ≥
·
Langkah-langkah menyelesaiakan
ketaksamaan :
a.
Kedua ruas ditambahkan dengan nbilangan yang
sama
b.
Jika kedua ruas dikalikan dengan
bilangan positif yang sama,maka tanda pertidaksamaan tidak berubah,
c.
Jika dikalikan dengan bilangan negative
yang sama, maka tanda berubah.
ii.
Pertemuan ketiga
·
Nilai mutlak
Definisi
nilai mutlak :
·
Sifat sifat nilai mutlak :
1.
2.
3.
4.
E.
Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan
kedua
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu dengan metode tanya jawab
sebagai bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen mengajak mahasiswa berdisukusi
menjelaskan definisi dari ketaksamaan
-
Dosen memberikan beberapa contoh ketaksamaan
dengan mengikuti langkah-langkah dalam menyelesaiakan suatu ketaksamaan.
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesame mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
Pertemuan
ketiga
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu dengan metode tanya jawab
sebagai bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen mengajak mahasiswa berdisukusi
menjelaskan definisi dari nilai mutlak
-
Dosen memberikan beberapa contoh nilai
mutlak dengan menggunakan sifat-sifat nilai mutlak
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesame mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
F. Media pembelajaran : Buku pegangan
G.
Evaluasi : Mahasiswa diberikan tugas mengerjakan
soal-soal essay yang terdapat dalam buku pegangan
H.
Sumber
Buku
: Purcell. E.J dan Verbarg, D. 1990. Kalkulus
dan Geometri Analitik Jilid 1 Edisi kelima. Terjemahan. Jakarta : Erlanga.
Palembang, Oktober 2011
Mengetahui ,
Dosen,
............................................
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
A.
Identitas Mata Kuliah
a.
Mata kuliah : Kalkulus I
b.
Kode mata kuliah :
c.
Jumlah kredit : 3 sks
d.
Pertemuan ke : 4 s/d 7
e.
Tempat/Waktu : Ruang 06
/ 08.00
– 10.30 WIB
B. Tujuan Intruksional Umum
: Mahasiswa dapat mendeskripsikan macam-macam
fungsi
C.
Tujuan
intruksional khusus :
1.
Mahasiswa pendidikan matematika dapat
menentukan domain, kodomain, dan range dari dua buah fungsi yang berelasi
2.
Mahasiswa dapat menentukan daerah asal
& daerah hasil suatu fungsi serta dapat menggambarkan grafik fungsi pada suatu
koordinat
3.
Mahasiswa dapat menyatakan suatu fungsi
merupakan fungsi genap, fungsi ganjil, atau bukan keduanya
4. Mahasiswa
dapat menentukan hasil operasi beberapa fungsi.
D. Materi pembelajaran
:
a.
Pokok : Fungsi dan Grafiknya
b.
Subpokok bahasan :
1.
Definisi fungsi, daerah asal, daerah
hasil
2.
grafik fungsi
3.
fungsi genap dan fungsi ganjil
4.
Operasi pada fungsi
c.
Uraian materi :
·
Definisi
Sebuah fungsi f adalah
suatu aturan padanan yang menghubungkan tiap objek x dalam suatu himpunan, yang
disebut dengan daerah asal, dengan sebuah nilai unik f(x) dari himpunan kedua.
himpunan nilai yang diperoleh secara demikian disebut daerah ahsil (jelajah)
fungsi tersebut.
·
Grafik
Fungsi
·
Fungsi
genap dan fungsi ganji
Fungsi genap, jika
f(-x) = f(x), grafik simetri terhadap sumbu y
Fungsi ganjil, jika
f(-x) = - f(x), grafik simetri terhadap titik asal
·
Operasi
pada fungsi
(f
+ g) (x) = f(x) + g(x)
(f
– g) (x) = f(x) - g(x)
(f.g)
(x) = f(x) . g(x)
(f/g)(x)
= f(x) / g(x)
E. Kegiatan Pembelajaran
:
pertemuan
keempat
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali sifat-sifat ketaksamaan sebagai bahan apersepsi
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen menjelaskan definisi dari suatu
fungsi, daerah asal, dan daerah hasil
-
Dosen memberikan beberapa contoh dalam pemetaan
yang merupakan suatu fungsi dan yang bukan fungsi
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
menjelaskan hasil diskusinya.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
pertemuan
kelima
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali definisi suatu fungsi, daerah asal dan daerah hasil sebagai
bahan apersepsi
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen menjelaskan langakah-langkah
menggambar suatu grafik pada sautu bidang koordinat.
-
Dosen memberikan beberapa contoh fungsi
kemudian menggambarkannya.
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
menjelaskan hasil diskusinya.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
pertemuan
keenam
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali langkah-langkah membuat grafik fungsi sebagai bahan
apersepsi
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen menjelaskan mengenai fungsi genap
dan fungsi ganjil
-
Dosen memberikan beberapa contoh fungsi
yang merupakn fungsi genap, fungsi ganjil, dan bukan keduanya
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesame mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
menjelaskan hasil diskusinya.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
pertemuan
ketujuh
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali mengenai fungsi genap dan fungsi ganjil sebagai bahan
apersepsi
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen menjelaskan beberapa operasi pada
fungsi dan fungsi komposisinya
-
Dosen memberikan beberapa contoh operasi
dari beberapa fungsi
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesame mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
menjelaskan hasil diskusinya.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
F. Media pembelajaran :
Buku pegangan
G.
Evaluasi : Mahasiswa
diberikan tugas mengerjakan soal-soal essay yang terdapat dalam buku pegangan
H.
Sumber
Buku
: Purcell. E.J dan
Verbarg, D. 1990. Kalkulus dan Geometri Analitik Jilid 1 Edisi kelima.
Terjemahan. Jakarta : Erlanga.
Palembang, Oktober 2011
Mengetahui ,
Dosen,
............................................
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
A.
Identitas
Mata Kuliah
a.
Mata kuliah : Kalkulus I
b.
Kode mata kuliah :
c.
Jumlah kredit : 3 sks
d.
Pertemuan ke : 8 dan 9
e.
Tempat/Waktu : Ruang 06
/ 08.00
– 10.30 WIB
B. Tujuan Intruksional Umum
: Mahasiswa dapat mendeskripsikan macam-macam
fungsi
C.
Tujuan
intruksional khusus :
1.
Mahasiswa pendidikan matematika dapat
menggunakan sifat-sifat dasar fungsi trgonometri
2.
Mahasiswa dapat menkonversikan suatu
sudut ke dalam bentuk derajat dan radian
3.
mahasiswa dapat menggunakan kesamaan
trigonometri
D. Materi pembelajaran
:
a.
Pokok : Fungsi dan grafiknya
b.
Subpokok bahasan : fungsi trigonometri
c.
Uraian materi :
·
Fungsi
trigonometri
- sifat-sifat dasar sinus dan cosines
- hubungan dengan trigonometri sudut
- kesamaan-kesamaan trigonometri
E.
Kegiatan
Pembelajaran :
pertemuan
kedelapan
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu dengan metode tanya jawab
sebagai bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen mengajak mahasiswa berdisukusi
menjelaskan sifat-sifat dasar trigonometri dan menggambar grafik sinus dan
cosinus
-
Dosen memberikan beberapa contoh trigonometri
dengan menggunakan sifat-sifatnya
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
pertemuan
kesembilan
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali sifat-sifat dasar fungsi trigonometri dengan metode tanya
jawab sebagai bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen mengajak mahasiswa berdisukusi
menjelaskan hubungan antara sudut dengan radian dan derajat
-
Dosen memberikan beberapa contoh
mengubah suatu sudut dalam bentuk derajat diubah menjadi radian dan sebaliknya.
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
F. Media pembelajaran :
Buku pegangan
G.
Evaluasi : Mahasiswa diberikan tugas mengerjakan
soal-soal essay yang terdapat dalam buku pegangan
H.
Sumber
Buku
: Purcell. E.J dan Verbarg, D. 1990. Kalkulus
dan Geometri Analitik Jilid 1 Edisi kelima. Terjemahan. Jakarta : Erlanga.
Palembang, Oktober 2011
Mengetahui ,
Dosen,
............................................
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
A.
Identitas
Mata Kuliah
a.
Mata kuliah : Kalkulus I
b.
Kode mata kuliah :
c.
Jumlah kredit : 3 sks
d.
Pertemuan ke : 10 dan 11
e.
Tempat/Waktu : Ruang 06
/ 08.00
– 10.30 WIB
B. Tujuan Intruksional Umum
: Mahasiswa dapat menggunakan sifat-sifat limit
C.
Tujuan
intruksional khusus :
1.
Mahasiswa pendidikan matematika dapat
menggunakan hubungan limit kiri, kanan, dan limit suatu fungsi dari suatu
titik.
2.
Mahasiswa dapat menggunakan teorema
limit dalam menghitung limit suatu fungsi
D. Materi pembelajaran
:
a.
Pokok : Limit
b.
Subpokok bahasan :
-
pengertian limit
-
teorema limit
c.
Uraian materi :
·
pengertian limit
(limit kiri dan limit
kanan) Untuk mengatakan bahwa
berarti bahwa bilamana x dekat tetapi pada
sebelah kanan c, maka f(x) adalah dekat ke L, serupa, untuk mengatakan bahwa
berarti bahwa bilamana x dekat tetapi pada
sebelah kiri c, maka f(x) adalah dekat ke L
·
Teorema Limit
Andaikan n bilangan bulat positif, k konstanta,dan f dan
g adalah fungsi-fungsi yang mempunyai limit di c, maka
-
-
-
-
-
-
-
-
E.
Kegiatan
Pembelajaran :
pertemuan
ke 10
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu dengan metode tanya jawab
sebagai bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen mengajak mahasiswa berdisukusi
menjelaskan pengertian limit
-
Dosen memberikan beberapa contoh
penyelesaian limit dengan menggunakan definisi
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
pertemuan
ke 11
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali definisi dari limit dengan metode tanya jawab sebagai
bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen mengajak mahasiswa berdisukusi
menjelaskan teorema limit
-
Dosen memberikan beberapa contoh
penyelesaian limit dengan menggunakan teorema limit.
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
F. Media pembelajaran :
Buku pegangan
G.
Evaluasi : Mahasiswa diberikan tugas mengerjakan
soal-soal essay yang terdapat dalam buku pegangan
H.
Sumber
Buku
: Purcell. E.J dan Verbarg, D. 1990. Kalkulus
dan Geometri Analitik Jilid 1 Edisi kelima. Terjemahan. Jakarta : Erlanga.
Palembang, Oktober 2011
Mengetahui ,
Dosen,
............................................
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
A.
Identitas
Mata Kuliah
a.
Mata kuliah : Kalkulus I
b.
Kode mata kuliah :
c.
Jumlah kredit : 3 sks
d.
Pertemuan ke : 12
e.
Tempat/Waktu : Ruang 06
/ 08.00
– 10.30 WIB
B. Tujuan Intruksional Umum
: Mahasiswa dapat menggunakan sifat-sifat limit
C.
Tujuan
intruksional khusus : Mahasiswa
pendidikan matematika dapat menentukan kekontinuan suatu fungsi
D. Materi pembelajaran
:
a.
Pokok : Fungsi dan grafiknya
b.
Subpokok bahasan : Kekontinuan fungsi
c.
Uraian materi :
Kekontinuan
fungsi
Definisi, (kekontinuan
di satu titik), kita katakana bahwa f kontinu di c jika beberapa selang terbuka
di sekitar c terkandung dalam daerah asal f dan
E.
Kegiatan
Pembelajaran :
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali beberapa teorema limit dengan metode tanya jawab sebagai
bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen mengajak mahasiswa berdisukusi
menjelaskan definisi kekontinuan fungsi
-
Dosen memberikan beberapa contoh fungsi
yang kontinu dan diskontinu.
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal kepada
mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
F. Media pembelajaran :
Buku pegangan
G.
Evaluasi : Mahasiswa diberikan tugas mengerjakan
soal-soal essay yang terdapat dalam buku pegangan
H.
Sumber
Buku
: Purcell. E.J dan Verbarg, D. 1990. Kalkulus
dan Geometri Analitik Jilid 1 Edisi kelima. Terjemahan. Jakarta : Erlanga.
Palembang, Oktober 2011
Mengetahui ,
Dosen,
............................................
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
A.
Identitas
Mata Kuliah
a.
Mata kuliah : Kalkulus I
b.
Kode mata kuliah :
c.
Jumlah kredit : 3 sks
d.
Pertemuan ke : 13 s/d 16
e.
Tempat/Waktu : Ruang 06
/ 08.00
– 10.30 WIB
B. Tujuan Intruksional Umum
: Mahasiswa dapat menggunakan sifat-sifat dari
turunan
C.
Tujuan
intruksional khusus :
1. Mahasiswa
dapat mendifinisikan turunan suatu fungsi
2. Mahasiswa
dapat mengunakan teorema-teorema dari turunan
3. Mahasiswa
dapat menentukan turunan fungsi aljabar minimal yang menggunakan aturan rantai
(notasi Leibniz)
4. Mahasiswa
dapat menentukan turunan fungsi trigonometri
5. Mahasiswa
dapat menentukan pendifferensialan implisit
D. Materi pembelajaran
:
a.
Pokok : Turunan
b.
Subpokok bahasan :
1.
Aturan pencarian turunan
2.
Turunan fungsi trigonometri
3.
Aturan rantai (notasi Leibniz)
4.
Pendifferensialan implisit
c.
Uraian materi :
Definisi
Turunan fungsi f adalah
fungsi lain f’ (dibaca f aksen) yang nilainya pada sebarang bilangan c adalah
,
asalkan limit ini ada.
Aturan
pencarian turunan
Teorema A : Aturan Fungsi
Konstanta, f(x) = k → d(k) = 0
Teorema B : Aturan
Fungsi Identitas, f(x) = x → d(x) = 1
Teorema C : Aturan
Pangkat, f(x) = xn → d(xn)
= n x n-1
Teorema D : Aturan
Kelipatan Konstanta, (kf)’(x) = k f’(x)
Teorema E : Aturan
Jumlah (f+g)’(x) = f’(x) + g’(x)
Teorema F : Aturan
Selisih (f-g)’(x) = f’(x) - g’(x)
Teorema G : Aturan
Hasil Kali, (f . g)’(x) = f(x)’g(x) + g’(x)f(x)
Teorema H : Aturan Hasil
Bagi,
Turunan
fungsi trigonometri
Teorema A :
Fungsi-fungsi f(x) = sin (x) dan g(x) = cos (x) keduanya dapat
dideferensialkan. D(sin x) = cos x, D(cos x) = - sin x
Aturan
Rantai
(aturan rantai)
Andaikan y = f(u) dan u = g(x) menentukan fungsi komposit y = f(g(x)) = (fog)(x). Jika g
terdiferensialkan di x dan f terdiferensialkan di u = g(x), maka fog terdiferensialkan
di x dan (fog)’(x) = f’ (g(x))g’(x), yakni Dxy
= Duy Dxu
dengan notasi Leibniz
E.
Kegiatan
Pembelajaran :
pertemuan
ke-13
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali mengenai fungsi dengan metode tanya jawab sebagai bahan
apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen mengajak mahasiswa berdisukusi
menjelaskan definisi dari turunan dan aturan-aturan yang terdapat pada turunan
-
Dosen memberikan beberapa contoh turunan
fungsi dengan menggunakan aturan turunan
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
pertemuan
ke-14
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali mengenai aturan pencarian turunan dengan metode tanya
jawab sebagai bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen mengajak mahasiswa berdiskusi
menjelaskan turunan fungsi trigonometri
-
Dosen memberikan beberapa contoh turunan
fungsi trigonometri
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
pertemuan
ke-15
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali mengenai fungsi trigonometri dengan metode tanya jawab
sebagai bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen mengajak mahasiswa berdiskusi
menjelaskan Aturan Rantai dalam menyelesaikan suatu turunan fungsi yang
komposit.
-
Dosen memberikan beberapa contoh turunan
fungsi komposit yang menggunakan aturan rantai
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
pertemuan
ke-16
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali mengenai aturan rantai dengan metode tanya jawab seebagai
bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen mengajak mahasiswa berdiskusi
menjelaskan penulisan aturan rantai dengan natasi Leibniz
-
Dosen memberikan beberapa contoh turunan
fungsi komposit dengan menggunakan aturan rantai dengan notasi Leibniz.
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
F. Media pembelajaran :
Buku pegangan
G.
Evaluasi : Mahasiswa diberikan tugas mengerjakan
soal-soal essay yang terdapat dalam buku pegangan
H.
Sumber
Buku
: Purcell. E.J dan Verbarg, D. 1990. Kalkulus
dan Geometri Analitik Jilid 1 Edisi kelima. Terjemahan. Jakarta : Erlanga.
Palembang, Oktober 2011
Mengetahui ,
Dosen,
............................................
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
A.
Identitas
Mata Kuliah
a.
Mata kuliah : Kalkulus I
b.
Kode mata kuliah :
c.
Jumlah kredit : 3 sks
d.
Pertemuan ke : 17, 18
e.
Tempat/Waktu : Ruang 06
/ 08.00
– 10.30 WIB
B. Tujuan Intruksional Umum
: Mahasiswa dapat menggunakan sifat-sifat dari
turunan
C.
Tujuan
intruksional khusus : Mahasiswa dapat
menentukan pendifferensialan implisit
D. Materi pembelajaran
:
a.
Pokok : Turunan
b.
Subpokok bahasan : Pendifferensialan implisit
c.
Uraian materi :
Pendiferensialan
Implisit
adalah pendiferensialan
kedua ruas persamaan, atau suatu metode untuk mencari dy/dx tanpa terlebih
dahulu menyelesaikan persamaan yang diberikan untuk y secara gambling dalam
bentuk x
E.
Kegiatan
Pembelajaran :
pertemuan
ke-17
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali mengenai aturan rantai dengan notasi Leibniz metode tanya
jawab sebagai bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen mengajak mahasiswa berdisukusi
menjelaskan pendiferensialan implisit
-
Dosen memberikan beberapa contoh turunan
fungsi dengan menggunakan aturan turunan
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
pertemuan
ke-18
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali mengenai aturan pendifernsialan implisit dengan metode
tanya jawab.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen mengajak mahasiswa berdiskusi
menjelaskan aturan pangkat dalam menyelesaikan pendiferensialan implisit
-
Dosen memberikan beberapa contoh turunan
fungsi dengan pendiferensialan implisit.
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
F. Media pembelajaran :
Buku pegangan
G.
Evaluasi : Mahasiswa
diberikan tugas mengerjakan soal-soal essay yang terdapat dalam buku pegangan
H.
Sumber
Buku
: Purcell. E.J dan
Verbarg, D. 1990. Kalkulus dan Geometri Analitik Jilid 1 Edisi kelima.
Terjemahan. Jakarta : Erlanga.
Palembang, Oktober 2011
Mengetahui ,
Dosen,
..........................................
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
A.
Identitas
Mata Kuliah
a.
Mata kuliah : Kalkulus I
b.
Kode mata kuliah :
c.
Jumlah kredit : 3 sks
d.
Pertemuan ke : 19, 20
e.
Tempat/Waktu : Ruang 06
/ 08.00
– 10.30 WIB
B.
Tujuan
Intruksional Umum : Mahasiswa dapat menggunakan turunan
pada bidang matematika dan fisika sederhana minimal tentang kecepatan
C.
Tujuan
intruksional khusus : Mahasiswa dapat
menentukan nilai maksimum dan minimum suatu fungsi
D. Materi pembelajaran
:
a.
Pokok : Penggunaan Turunan
b.
Subpokok bahasan : Maksimum dan Minimum
c.
Uraian materi :
Definisi
Andaikan S, daerah asal
f, memuat titik c, kita katakana bahwa :
1.
f(c) adalah nilai maksimum f pada S jika f(c) ≥ f(x) untuk semua x di S
2.
f(c) adalah nilai minimum f pada S jika f(c) ≤ f(x) untuk semua x di S
3.
f(c)
adalah
nilai ekstrim f pada S jika ia adalah
nilai maksimum atau nilai minimum
E.
Kegiatan
Pembelajaran :
pertemuan
ke-19
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali mengenai differensial dengan metode tanya jawab sebagai
bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen membentuk 3 kelompok secara
heterogen untuk berdiskusi mengenai maksimum dan minimum suatu fungsi
-
Satu kelompok sebagai perwakilan dari kelompok
lain menjelaskan materinya disertai dengan Tanya jawab mahasiswa lain.
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
pertemuan
ke-20
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali mengenai maksimum dan minimum dengan metode tanya jawab
sebagai bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Sebagai lanjutan dari hasil diskusi pada
pertemuan sebelumnya, dosen mengajak mahasiswa mngerjakan soal-soal pada buku panduan
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
F. Media pembelajaran :
Buku pegangan
G.
Evaluasi : Mahasiswa diberikan tugas mengerjakan
soal-soal essay yang terdapat dalam buku pegangan
H.
Sumber
Buku
: Purcell. E.J dan Verbarg, D. 1990. Kalkulus
dan Geometri Analitik Jilid 1 Edisi kelima. Terjemahan. Jakarta : Erlanga.
Palembang, Oktober 2011
Mengetahui ,
Dosen,
............................................
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
A.
Identitas
Mata Kuliah
a.
Mata kuliah : Kalkulus I
b.
Kode mata kuliah :
c.
Jumlah kredit : 3 sks
d.
Pertemuan ke : 21, 22
e.
Tempat/Waktu : Ruang 06
/ 08.00
– 10.30 WIB
B.
Tujuan
Intruksional Umum : Mahasiswa dapat menggunakan turunan
pada bidang matematika dan fisika sederhana minimal tentang kecepatan
C.
Tujuan
intruksional khusus : Mahasiswa dapat
menentukan Kemenotonan dan kecekungan suatu fungsi
D. Materi pembelajaran
:
a.
Pokok : Penggunaan Turunan
b.
Subpokok bahasan : Kemenotonan dan kecekungan
c.
Uraian materi :
Definisi
Andaikan f terdefinisi
pada selang I (terbuka, tertutup, atau tak satupun). Kita katakana bahwa :
i.
f
adalah naik pada I jika untuk setiap pasang bilangan x1 dan x2
dalam I
x1
< x2 → f(x1) < f(x2)
ii.
f
adalah turun pada I jika untuk setiap pasang bilangan x1 dan x2
dalam I
x1
< x2 → f(x1) > f(x2)
iii.
f
menoton murni pada I jika ia naik pada I atau turun pada I
E.
Kegiatan
Pembelajaran :
pertemuan
ke-21
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali mengenai differensial dengan metode tanya jawab sebagai
bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen membentuk 3 kelompok secara
heterogen untuk berdiskusi mengenai kemenotonan dan kecekungan suatu fungsi
-
Satu kelompok sebagai perwakilan dari
kelompok lain menjelaskan materinya disertai dengan Tanya jawab mahasiswa lain.
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada mahasiswa
untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
pertemuan
ke-22
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali mengenai maksimum dan minimum dengan metode tanya jawab
sebagai bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Sebagai lanjutan dari hasil diskusi pada
pertemuan sebelumnya, dosen mengajak mahasiswa mengerjakan soal-soal pada buku panduan mengenai
kemenotonan dan kecekungan sautu fungsi.
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
F. Media pembelajaran :
Buku pegangan
G.
Evaluasi : Mahasiswa diberikan tugas mengerjakan
soal-soal essay yang terdapat dalam buku pegangan
H.
Sumber
Buku
: Purcell. E.J dan Verbarg, D. 1990. Kalkulus
dan Geometri Analitik Jilid 1 Edisi kelima. Terjemahan. Jakarta : Erlanga.
Palembang, Oktober 2011
Mengetahui ,
Dosen,
....................................................
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
A.
Identitas
Mata Kuliah
a.
Mata kuliah : Kalkulus I
b.
Kode mata kuliah :
c.
Jumlah kredit : 3 sks
d.
Pertemuan ke : 23, 24
e.
Tempat/Waktu : Ruang 06
/ 08.00
– 10.30 WIB
B.
Tujuan
Intruksional Umum :
Mahasiswa dapat menggunakan turunan pada bidang matematika dan fisika sederhana
minimal tentang kecepatan
C.
Tujuan
intruksional khusus : Mahasiswa dapat
menentukan niali maksimum dan minimum lokal suatu fungsi
D. Materi pembelajaran
:
a.
Pokok : Penggunaan Turunan
b.
Subpokok bahasan : nilai maksimum dan nilai
minimum lokal
c.
Uraian materi :
Definisi
Andaikan S, daerah asal
f, mempunyai titik . Kita katakana bahwa :
i.
f
(c) nilai maksimum local f jika terdapat selang (a,b) yang memuat c sedemikian
sehingga f(c) adalah nilai maksimum f pada (a,b) ∩ S
ii.
f
(c) nilai minimum local f jika terdapat selang (a,b) yang memuat c sedemikian
sehingga f(c) adalah nilai minimum f pada (a,b) ∩ S
iii.
f(c)
nilai ekstrim local f jika ia berupa nilai maksimmum local atau minimum lokal
E.
Kegiatan
Pembelajaran :
pertemuan
ke-23
a.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali mengenai kemenotonan dan kecekungan dengan metode tanya
jawab sebagai bahan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
-
Dosen membentuk 3 kelompok secara
heterogen untuk berdiskusi mengenai maksimum dan minimum lokal suatu fungsi
-
Satu kelompok sebagai perwakilan dari
kelompok lain menjelaskan materinya disertai dengan Tanya jawab mahasiswa lain.
-
Dosen memberikan beberapa soal kepada
mahasiswa untuk didiskusikan sesama mahasiswa
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
-
Dosen memberikan tugas berupa soal
kepada mahasiswa pada buku pegangan.
c.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
pertemuan
ke-24
d.
Pendahuluan
Dosen
mengingatkan kembali mengenai maksimum dan minimum local dengan metode tanya
jawab sebagai bahan apersepsi.
e.
Kegiatan Inti
-
Sebagai lanjutan dari hasil diskusi pada
pertemuan sebelumnya, dosen mengajak mahasiswa mengerjakan soal-soal pada buku panduan mengenai
kemenotonan dan kecekungan sautu fungsi.
-
Dosen meminta perwakilan mahasiswa untuk
membahas soal yang baru saja diberikan dan menjelaskannya ke depan kelas.
f.
Penutup
-
Dosen bersama mahasiswa menyimpulkan
pelajaran yang baru saja dibahas
-
Dosen memberikan tugas pekerjaan rumah
kepada mahasiswa yang terdapat pada buku pegangan
F. Media pembelajaran :
Buku pegangan
G.
Evaluasi : Mahasiswa diberikan tugas mengerjakan
soal-soal essay yang terdapat dalam buku pegangan
H.
Sumber
Buku
: Purcell. E.J dan Verbarg, D. 1990. Kalkulus
dan Geometri Analitik Jilid 1 Edisi kelima. Terjemahan. Jakarta : Erlanga.
Palembang, Oktober 2011
Mengetahui ,
Dosen,
............................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar